KELISTRIKAN

KELISTRIKAN

 

A.     Arus Listrik

Muatan listrik terdiri dari positif dan negatif. Arus dapat dihasilkan oleh aliran  listrik positif dan negatif.

Ketika manusia pertama kali mempelajari aliran arus listrik pada kawat dan logam, mereka percaya bahwa arus disebabkan oleh aliran muatan positif sumber tenaga listrik menuju ke ujung negatif. Kesalahan tersebut berlangsung lama hingga para ilmuwan menenmukan bahwa arus tersebut sebenarnya dihasilkan oleh listrik bermuatan negatif yang dinamakan elektron mengalir dari ujung negatif ke ujung positif.

Arus listrik didefinisikan sebagai tingkat aliran muatan listrik satuan SI, untuk arus listrik adalah amper (A). Satuan lain yang lebih kecil adalah Miliamper (mA) dan Mikroamper (mA). Arus listrik dapat diukur dengan alat yang disebut Ammeter.

B. Sirkuit Listrik

Sirkuit listrik adalah jalur dimana muatan listrik bergerak, yang terdiri dari sumber energi listrik, kawat sambungan dan sebuah atau lebih komponen listrik seperti swit, alat ukur dan bola lampu.

Sirkuit listrik terbagi 2, yaitu sirkuit seri dan sirkuit paralel. Sirkuit seri adalah sebuah sambungan sumber listrik dengan komponen – kompenennya secara berurutan, membentuk sebuah lingkaran. Sirkuit paralel adalah sebuah sambungan komponen listrik yang terbagi atas dua cabang atau lebih.

C. Voltase

Gaya gerak untuk mendorong muatan listrik mengelilingi sirkuit dipasok oleh sumber energi listrik seperti sel listrik. Banyaknya energi yang dipasok oleh sumber energi listrik pada tiap satuan muatan listrik disebut Voltase.  Satuan SI untuk Voltase adalah Volt (V). Satuan lainnya yang umum digunakan untuk voltase adalah Milivolt (mV) dan Kilovolt (kV).

Voltmeter digunakan untuk mengukur voltase listrik. Untuk mengukur voltase dari sumber atau komponen listrik voltmeter harus dihubungkan secara paralel dengan sumber listrik.

D. Tahanan

Tahanan adalah kemempuan mengurangi aliran arus  dalam zat. Tahanan (R) dari komponen listrik yaitu sebagai perbandingan dari voltasse (V) komponen tersebut terhadap arus (I) untuk melaluinya: R = V / I

Ket:     R = Tahanan

V = Voltase

I = Arus

Satuan Si untuk tahanan adalah Ohm (Ω) satuan lainnya untuk satuan tahanan adalah Kiloohm (kΩ) dan megaohm (mΩ). Komponen listrik yang dibuat khusus untuk menghasilkan tahanan disebut Resistor. Kegunaan utama resistor adalah untuk mengurangi aliran arus yang melalui sirkuit dan untuk mempertahankan kestabilan dari arus. Menyediakan voltasse tertentu dan bahkan bertindak sebagi pengubah energi untuk mengubah energi listrik ke panas dan cahaya.

Resistor dapat dihubungkan dalam sirkuit secara seri atau paralel. Pada sirkuit seri tahanan meningkat seiring dengan penambahan resistor.  Resistor yang tersusun secara seri adalah seperti menyatukan gerbong ke kereta api., pada sirkuit paralel tahanan berkurang seiring dengan penambahan resistor. Setiap resistor menyediakan rute pilihan pada arus. Semakin banyak resistor yang dihubungkan secara paralel semakin banyak rute alternatif yang tersedia untuk aliran arus. Resistor yang terpasang secara paralel adalah seperti adanya jalan lain paralel terhadap jalan utama.

 

 

 

E. Dampak Arus Listrik

1. Dampak Pemanasan Dari Arus

Ketika muatan listrik bergerak melalui kawat, muatan listrik tersebut melepaskan sebagian dari energinya pada atom dalam di kawat. Karena menerima energi tersebut atom bergetar lebih cepat dan kawat memanas. Sebagian energi listrik berubah menjadi energi panas. Semakin besar tahanan dari kawat maka akan semakin besar panas yang dihasilkan.

Dampak panas dari listrik dapat membahayakan seperti banyak kebakaran yang berasal dari rumah diakibatkan oleh kawat atau alat listrik yang rusak karena terlalu panas. Banyak alat listrik yang dengan aman mengubah energi listrik menjadi energi panas yang kemudian digunakan untuk berbagai macam keperluan, contohnya: lampu, setrika, dll.

Elemen pemanas biasanya terbuata dri kawat nikelkhrom karena tahanannya sangat besar dan memiliki titik lebur yang tinggi, sebaliknya kawat penghubung harus terbuat dari bahan yang memiliki tahanan rendah seperti tembaga. Hal ini mengurangi jumlah panas yang dihasilkannya ketika arus mengalir melaluinya.

Ketika arus listrik mengalir melalui kawat bertahanan tinggi seperti yang terdapat pada sebuah lampu filamen, wolfarm dapat menjadi sangat panas hingga membara yang mengeluarkan cahaya putih.

2.    Dampak Kimiawi Dari Arus

Elektrolisis adalah dikomposisi kimia dari elektolit oleh arus listrik. Elektrolisis digunakan pada elektroplating yang meliputi pelapisan benda dengan lemabaran logam tipis. Benda yang akan dilapisi dihubungkan ke terminal negatif dan baterai serta logam pelapis dihubungkan ke terminal positif. Benda dan logam tersebut kemudian dicelupkan ke dalam elektrolit.

3.      Dampak Magnetik Dari Arus

Pada tahun 1820 seorang profesor fiiska berkebangsaan denmark, Hans Cristian Dorslod menemukan bahwa listrik memiliki dampak magnetik dengan meneliti bahwa kawt yang bermuatan listrik yang ditempatkan di atas kompas akan menyebabkan penyimpangan pada jarum kompas. Hal ini mengarah pada ditemukannya magnetifisme listrik yang menggunakan listrik untuk menginduksi benda – benda magnetik.

Elektromagnet adalah megnet yang dibuat dengan menggunakan magnetifisme listrik. Elektromagnet dapat dibuat dengan:

  • Meningkatkan arus pada kumparan
  • Meningkatkan jumlah putaran kawat pada kumparan
  • Melilitkan kumparan sekililing inti besi lunak

Sifat magnetik dari elektromagnet adalah sama dengan berbagai magnet permanen, selama arus yang stabil mengalir melalui elktromagnet dan kekuatan magnetismenya dapat berubah sesuai dengan kebutuhan kita.

F. Peralatan Rumah Tangga

1.    Bahaya Listrik

Tanda bahaya yang sering kita jumpai di gardu – gardu listrik memperingatkan kita terhadap sumber tegangan listrik tinggi di dalam ruang pengontrol dan gardu – gardu listrik. Jika tegangan listrik cukup tinggi untuk mengalirkan arus sekita 20 miliamper (mA) atau lebih ke badanmu kamu akan terkena kejutan listrik, kejutan listrik dapat menmyebabkan otot – otot tegang, jantung berhenti berdetak dan paru – paru berhenti bekerja.

Jika itu terjadi hal yang harus kita lakukan antara lain:

  • Jangan menyentuh orang tersebut atau kamu akan terkena sengatan listrik karena badan orang tersebut bermuatan listrik.
  • Gunakaan media atau benda  nonlogam untuk memindahkan orang tersebut menjauh dari sumber sengatan listrik.
  • Korban sekarang telah aman dan bisa disentuh, berikan pertolongan untuk memeacu kerja jantung dan panggil ambulan.

2.      Menggunakan Listrik dengan aman.

PLN memasok energi listrik melalui kabel – kebel ke rumah penduduk. Energi listrik ini dipasok sebesar 220 V. Sambungan – sambungan ini sampai ke rumah – rumah melalui satuan pelanggan. Kotak ini memiliki sakelar utama, sekring mini, dan sekring pencegah kebocoran ke bumi. Kotak ini merupakan peralatan pengaman.

 

Sakelar Utama

Sakelar utama menyalakan dan mematikan pasokan listrik ke seluruh rumah

 

Sekring

Kabel akan menjadi pana apabila dilalui aliran listrik. Bila aliran terlalu besar maka besar kabel harus di sesuiakan.

 

Sekring Mini (MCB)

Sekring adalah sakelar yang kan beroperasi jika arus listrik melebih nilai tertentu karena arus pendek atau kelebihan beban.

 

Sekring Pencegahan

Sekring ini adalah alat pengaman. Jika terdapat kebocoran sebesar 30 mA pada kabel terpasang di rumah – rumah, ELCB akan mematikan pasokan listrik.

3.      Kabel sudah tua dan terurai.

Kabel adalah peralatan listrik yang dibungkus bahan – bahan isolator. Isolator juga melindungi para pengguna listrik dari tegangan tinggi.

2 Tanggapan to “KELISTRIKAN”

  1. zippa Says:

    lumayan membantu dlm mengisi tugas.. wlw pun agak pusing bca’y,,😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: